turing depok-pangandaran-green cayon

pagi para blogger semua, perkenalkan nama saya orindo, disini saya hanya mau share cerita turing kita dari depok menuju pangandaran, mohon maaf sebelumnya jika ada kata-kata yang kurang berkenan atau salah tafsir dan ada perbedaan pendapat,

artikel ini saya buat hanya untuk berbagi pengalaman turing atau bisa dibilang perjalanan liburan, dikarenakan saya dan temen-teman sangat senang melakukan turing menggunakan sepeda motor jadi perjalanan ini bercerita gimana serunya naik motor turing bersama temen-temen, untuk perjalanan trip ini kita ga pake nama club, disini kita murni turing perorangan yang bergabung di satu hobi nya aja, dan buat temen temen yang merasa tertarik bisa join juga mungkin kita bisa saling nambah pertemanan dll, dan yang pasti kita welcome buat temen2 juga mau join atau bahkan yang mau invite juga. untuk plan turing  dari depok ke pangandaran dan kita hanya berangkat sekitar 4 orang dengan 3 motor matic yaitu :

1. Motor Honda Beat 2008
2. Motor Honda Vario 2010
3. Motor Honda Scoopy 2010

tujuan kita memang membuat jadwal turing ini untuk hanya senang refreshing ketempat atau spot spot yang bisa membuat pikiran santai, dengan harapan waktu itu temen-temen lain bisa ikut bergabung di turing ke pangandaran ini, namun ala hasil dikarenakan waktu yang mana masing masing mempunyai kesibukan akhirnya kita hanya berangkat dengan 4 orang dan 3 motor, jujur sih dengan 3 motor bisa di bilang ga turing yah atau lebih cocok di sebut jalan sore, waktu itu denger temen-temen ga ada yang bisa ikut dan yang ikut hanya 3 orang, akhirnya tepat tanggal 13 januari 2017 jam 22.00 WIB kita kumpul di rumah haikal salah satu temen saya yang ikut turing dan kita juga saling check untuk persiapan persiapan dan hal hal yang diperlukan jika terjadi sesuatu dan juga breafing hal hal yang perlu di perhatikan dalam perjalan serta menentukan titik dimana saja kita beristirahat, tepat pada pukul 22.00 WIB kita siap untuk berangkat dengan track , nah mulai lah perjalan dari depok menuju pangandaran, nikmatnya dan serunya turing itu sebenarnya pas ada hal hal unik (itu menurut saya) dan juga nemuin jalan baru yang belum pernah kita lalui, buat saya pribadi truing motor itu enak dan capenya luar biasa apa lagi kalau dah berjarak yang bisa buat kita berimajinasi (jauhhhh banget) tapi yah itu serunya dan saat sama-sama melewati dalam kondisi pait dan senang pun itu nikmatnya naik motor, pada pukul 24.00 WIB kita
didalam perjalan banyak banget hal hal unik bahkan lucu yang terjadi, dan itu pula yang membuat hati saya pribadi senang dalam perjalanan ini, satu hal yang jadi membuat menarik pada saat itu sedang musim hujan yang ga jelas datengnya yah kayak istilah dateng ga diundang pulang ga dianter, sebenarnya waktu sebelum berangkat kondisi ban motor belakang saya honda beat sudah hampir botak, dan waktu itu saya diskusi dengan beberapa teman kalau untuk kondisi turing kan tidak ngebut jadi kayaknya masih aman, dan juga kalau kalau pun itu sangat licin bisa lah ganti di perjalanan, sambil menghitung buat budget perjalan, akhirnya saya menangguhkan ganti ban belakang, sebenarnya deg degkan tapi dikarenakan ini turing dan kebersamaan akhirnya bawa senang aja, pada saat perjalanan menuju bogor masih aman karena memang ga hujan sampai hampir mendekati bandung wassalamm....hujan turun, disitu saya masih belum sadar kalau ban saya licin alias tipis, pada saat tikungan akhirnya selip dan itu buat jantung deg degan guyss....akhirnya dalam hati kesel gondok "kenapa ga ganti" tapi ok lah dah di jalan dan waktu itu jam 00.00 wib, mau cari jual ban dimana, jadi ane paksain tuh tapi "sambil bergandengan tangan dengan keong" alias melambat bat, karena kita turing hanya 3 motor jadi lebih gampang koordinasi dan waktu lebih cepat namun karena ban saya licin akhirnya saya ketinggalan jauh dari temen saya haikal (bawa motor scoopy) dan dodi (bawa motor vario), bener bener saya ketinggalan jauh saat itu masih hujan dan licin dimana banyak sekali kendaraan berat yang seiring di perjalanan itu jadi untuk melewati saya harus extra hati hati, sebegitu jauhnya perjalanan kita berhenti beberapa kali dan jam 02.00 WIB tanggal 14 januari 2017 kita melewati bandung dan meneruskan perjalanan ke tasikmalaya, dengan prediksi waktu itu kita bisa menempuh perjalan dari bandung sampai tasik sekitar 3 jam, namun keyataan melebihi dari prediksi hahaha.....karena kebanyakan berhenti ( modus untuk ngerokok) perjalanan dari bandung ke tasikmalaya jalanan bagus dan lebar namun tikungannya lumayan tajam tajam jadi bagi kalian yang mau kesana tetep konsen dan atur jarak, akhir nya kita tiba di tasikmalaya sekitar jam 6.30 diluar prediksi dan kita coba mau cari sarapan karena perut dah mulai lapar, karena dari kita semua beum ada yang pernah ke kota tasikmalaya dan tidak tau apa makanan untuk sarapan yang khas disini akhirnya kita putusin untuk telepon temen saat itu karena kebetulan dia memang asli orang tasikmalaya, setelah usai teleponan kita dapat info katanya ditasikmalaya ada bubur ayam enak, kita langsung meluncur ke lokasi dan tibalah di lokasi dan kita istirahat dan pesan bubur yang katanya enak....hehehe lapar cuiii, setelah selesai makan ngopi dan istirahat dikarenakan perjalanan masih ada 3-4 jam lagi untuk menempuh dari tasikmalaya ke pangandaran, maka kita putusin untuk meneruskan perjalanan, jujur buburnya sih lumayan enak tapi ternyata temen saya telepon kan pengen tau makan buat sarapan yang asik apa, ternyata maksud dari temen kita yang di telepon adalah " itu bubur ayam paling "mahal se tasikmalaya" harga full semangkok komplit Rp. 30.000,- mau ketawa muka aga kaku kena angin mules bingung cari toiletnya gara2 denger harganya akhirnya yesek di bawa hati aja wakakakaka,

akhirnya kita mulai meneruskan perjalanan ke pangandaran, namun dalam kondisi memang sangat ngantuk, lumayan ga tidur dari jam 22.00 sampai jam 08.30 WIB, karena kondisi ngantuk ktia coba pelan dengan mata di cagak ama biji korek hahahah tapi memang ngantuk banget, setelah menempuh perjalanan sekitar 40 KM, kita istirahat di ALFA karena mata sudah ga kuat jadi akhirnya kita putusin untuk tidur sekitar 1 jam untuk menghilangkan rasa kantuk, setelah itu kita lanjutkan perjalanan karena kondisi sudah aga kuat, kita aga cepat dengan kecepatan sekitar 70-80 KM/jam karena jalannya juga jalan kintas jadi aga sepi, namun buat temen2 yang mau kesana jalan yang mau menuju pangandaran memang ada sekitar beberapa kilometer berlubang dan turunan tajam jadi aga hati-hati aja, akhirnya jam 11.40 WIB kita tiba di pangandaran, karena kita sudah booking hotel sebelumnya maka kita tinggal konfirmasi, cuma yah gitu kalau kamu mau masuk kedalam kawasan pantai untuk sepeda motor itu banyar sekitar Rp. 12.500 per motor, akhirnya kita coba cari jalan lain alias jalan tikus berdasarkan GPS akhirnya dapet tapi sebenarnya itu bukan jalanan motor tapi untuk pejalan kaki karena kecil banget, kita tiba di penginapan yang namanya "PANORAMA A LA PLAGE lumayan murah kalau menurut saya Rp. 120.000,- / hari + sarapan pagi, kalau temen-temen mau kesitu bisa kontak (0813-70575666) tempatnya menurut saya yah bersih dan view nya juga langsung ke pantai
tiba di penginapan akhirnya karena sudah lelah kita makan siang dan setelah itu kita istirahat, dengan planning kita sore sekitar jam 14.00 WIB keluar untuk jalan-jalan, jam 14.00 kita coba jalan jalan mengelilingi kawasan pantai pangandaran, tempat nya bisa dibilang bagus, namun kalau kamu mau hobbi berenang musti kudu hati hati karena memang ini pantai tergolong aga sedikit arus keras tapi kamu ga usah khawatir karena disitu dah ada penjaga pantai yang profesional dan kita selalu akan dipantau bahkan mereka pake pengeras suara jika anda telah melewati batas yang di menurut mereka aman

di daerah pantai pangandaran ini banyak sekali model cafe cafe jadi kalau yang suka clubing atau happy2 boleh tuh di coba yah sedikit melebihkan untuk budget nya,
setelah menjelang magrib, kita balik ke penginapan untuk sholat dan mandi dan siap siap untuk cari tempat makan malam didaerah pantai pangandaran, karena ini daerah pantai kita cari makanan yang aga sedikit behubungan makanannya alias seafood, nah kita coba browsing ternyata ada yang merefrensikan nama rumah makannya RM karya bahari, setelah kita menemukan dan ternyata memang murah dan tempatnya asik bahkan setelah makanan disajikan khas seafood rasanya Top markotop kata temen gw hahahhaha,
jadi kalau temen-temen ada yang mau kesini boleh di coba deh tinggal search di google map ketik aja nama rumah makannya,setelah kita selesai makan kita juga coba coba jalan jalan kesekitar pantai yang belum kita lalui dan disana ada seperti pasar yang menjual pernak pernik khas daerah pangandaran dan juga baju baju celana pendek kalau kamu lupa bawa.akhirnya kita balik ke penginapan dan untuk plan kita besok kita menuju green cayon dengan menempuh perjalanan dari pangandaran sekitar 1 jam, dan kita coba tanya tanya tentang green cayon kita dapet info
paket naik perahu mengitari sungai green cayon biayanya sekitar Rp. 200.000/perahu dengan isi penumpang maks 6 orang, nah kamu bisa tuh ngambil photo bahkan selfi selfi, dan ada juga paket body rafting  perorang Rp. 200.000,- dan itu di mulai dari atas sampai ke titik green cayon setelah itu kita di jemput perahu dan kembali ke titik awal, akhirnya kita putusin ngambil "body rafting" karena dari segi waktu lebih lama dan kita bisa berselfi dan photo photo sepuasnya

nah jadi buat temen temen yang mau kepantai pangandaran jangan lupa singgah juga ke green cayon tempatnya bagus alias gokil, jadi kita puas banget dah seneng dalam perjalanan naik motor di tambah spot spot yang kita tuju luar biasa. saya bangga dengan Indonesia luar biasa indah, setelah selesai dari green cayon dengan paket itu kita dah dapet makan juga loh, jadi kita makan setelah makan kita planning untuk istirahat sekitar 2-3 jam kemudian kita akan melanjutkan perjalan pulang, namun kita pulang tidak melewati jalan awal kita berangkat namun kita memutar melewati pantai santolo-cikaso-cianjur-puncak-bogor-depok, nah buat temen2 ada sedikit catatan perjalanan dari green cayon ke santolo itu menempuh waktu sekitar 3 jam dan itu melewati kebun dan agak sepi, waktu itu kita melewati jalan tersebut sekitar jam 21.00 dan tiba di santolo 24.00,nah jika kalian melewati jalan ini kalau bisa usahakan bawa bensin cadagan karena dari santolo sampai cianjur pom bensin jaraknya jauh jauh dan jam 22.00 sudah tutup dalam gelap gelap sepi mana kebon hutan yah aga deg deg kan tapi buat adrenalin seru banget, waktu itu kehabisan bensin di daerah cidaun, jadi kita putuskan untuk istirahat di pom bensin dan pagi kita bangun isi BBM dan kemudian lanjutkan perjalanan sampai cianjur dan seiring jalan kita nemuin satu air terjun kecil tapi lumayan buat tempat istirahat karena posisinya di pinggir jalan, ini akan kamu lewati jika kita mau ke cianjur dari pantai rancabuaya,

dan kita melanjutkan perjalanan pulang ke depok, akhirnya kita tiba di bogor jam 18.00WIB 15 januari 2017 dan meneruskan perjalanan pulang ke depok.

dari seluruh perjalanan ini kita semua sangat menikmati perjalanan dan juga tempat tempat yang baru kita temui, seneng nya ga limit deh mantab,

thank yah buat temen temen, saya disini hanya share pengalaman saja mungkin bermamfaat atau tidak, tapi setidaknya mungkin suatu saat kita bisa bersama-sama lagi cari tempat baru, mohon maaf jika ada perkataan yang mnyinggung atau hal lain yang mungkin menyerupai